Beberapa Tips Untuk Menghadapi Ulangan


Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Selamat sore semuanya, alhadulillah kita masih dipertemukan di blog tercinta sebangsa & setanah abang.
Gua kali ini mau posting tentang Tips2 untuk menghadapi Ulangan & pasca Ulangan. kenapa gua bahas ini? karena gua sekarang lagi menjalani ujian akhir semester, yang notabene menentukan untuk penjurusan & kelulusan SMA. kendati begitu, tetep aja rasa malas dalam jiwa gua itu masih ada & sulit untuk dihilangkan, alhasil beberapa pelajaran gua banyak yg remed -___-
oke berhubung para readers udah penasaran, langsung aja...

1.Persiapkan Mental & Jiwa
jika Ulangan akan diadakan pertama2 siapkan dahlu Mental & Jiwa, hilangkan semua rasa rindu dengan mantan, kangen dengan mantan, kegalauan dengan mbak2 warteg atau apalah #Tujuan:Menghasut. karena kalau kita tidak ada persiapan, maka kita akan stres, putus asa, depresi, galau, saat menjalankan ulangan tersebut. oke...intinya Prepare it !

2.Belajar
jika akan menghadapi ulangan, belajar itu terasa lebih wajib (menurut sebagian orang). memang saat ulangan itu harus belajar, tetapi apa yg kita pelajari bukan untuk dihapal, tetapi untuk dipelajari. jadi belajar itu bukan sekedar menghafal, karena kalau hanya menghafal itu ga ada artinya, kalau kitanya sendiri tidak paham.

3.Berdoa
yap, jika ingin menghadapi ulangan kita harus banyak2 beribadah & berdoa, karena yg meridhoi kita lulus atau enggaknya hanya Allah SWT. jadi percuma aja kita udah lulus, tapi Allah SWT ga ridho karena kita lupa meminta kepadaNYA.

4.Nyontek Yes, Ngebet No !
menurut gua sih lebih terhormat Nyontek ketimbang Ngebet, karena kalau misalnya ketahuan pengawas, pasti orang yg ngebet langsung ditarik, karena udah ada bukti fisiknya yaitu buku, secarik kertas,dll. coba kalo orang nyontek, pasti masih bisa alibi tinggal bilang aja ke pengawasnya "Kalau saya Nyontek apa buktinya?". hahaha sebenernya sih Mencontek & ngebet itu harus dihindari, cuma kalo situasinya beda ya sedikit2 bolehlah :D

5.Jangan Terlalu Percaya Diri
sebenernya sih percaya diri itu sangat penting, tapi saat ulangan jangan terlalu percaya diri banget, maksudnya...sesudah ulangan selesai, jangan terlalu percaya diri banget nilai itu akan bagus, karena bola itu bundar.
hah? apa hubungannya sama bola?
enggak, enggak ada hubungannya sih, cuma gua lagi kesel aja masa B.Inggris remedial, padahal gua udah PD pasti ga remed -___-

6.Jangan Sombong
kalo misalnya ternyata nilai kita bagus, janganlah sombong atau semacemnya. karena Allah SWT paling ga suka kalau kita sombong. belom tentu nilai bagus itu hasil jerih payah kita sendiri, mungkin dari nyontek, ngebet, atau sms-an. maka dari itu jangan sombong ya...

7.Selalu Bersyukur
ya ini ada kaitannya dengan point nomor 6 "Jangan Sombong". karena kalo misalnya kita ga bersyukur pasti kita digolongkan oleh orang2 yg sombong yg notabene dibenci oleh Allah SWT. apapun yg kita dapat, mau nilai itu jelek, bagus, atau pas di KKM, tetaplah bersyukur, karena kalau kita bersyukur, semua terasa indah. tapi bersyukur bukan sekedar mengucapkan Alhamdulillah, Puji Tuhan, atau semacamnya, tapi kita juga harus beribadah kepadaNYA.

oke, itu aja tips2 dari persiapan ulangan, sampai pasca ulangan. mohon maaf kiranya kalau gua ada salah2 kata.
jadi sebelumnya terimakasih karena udah baca.
saya akhiri....
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Komentar

Postingan Populer